[Intermezzo] Sister City: Jakarta-Seoul & Bandung-Suwon


sister city

Memperingati 40tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea, kali ini KI mau berbagi informasi seputar ‘sister city’ antara Indonesia dan Korea. Contoh yang akan diberikan ialah Jakarta dan Bandung, jika kawan-kawan memiliki informasi seputar kota lainnya silahkan dishare di kolom komentar ya.

‘Sister City’ atau kota kembar/kota bersaudara ialah konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan sebuah perjanjian kerja sama menjalin hubungan budaya, peningkatan perekonomian serta kerja sama di bidang lainnya secara erat. Konsep ‘sister city’ umumnya dilakukan dengan perjanjian kerja sama yang saling memberi manfaat, dan biasanya memiliki persamaan keadaan demografi dan masalah yang dihadapi. Biasanya ditandai dengan adanya program pertukatan pelajar, hubungan budaya hingga perdagangan.

 

Jakarta – Seoul

JAKARTA

Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia menjadi ‘sister city’ dengan Seoul, ditandai dengan perjanjian kerja sama di tahun 1984.

Kesamaan sebagai ibu kota, sebagai pusat bisnis dan pemerintahan menunjukkan bahwa kedua kota ini memiliki banyak kesamaan dalam hal demografis dan masalah yang dihadapi. Kedua kota sepakat untuk memperkuat kerja sama dengan membuka kesempatan pertukaran pelajar, memperkuat sektor perekonomian dengan membuka kesempatan bisnis hingga aspek pariwisata. Dukungan penuh dari pemerintah Korea Selatan bisa terlihat dari berbagai acara musik Kpop di Jakarta, seperti gelaran Music Bank bulan Maret lalu. Tak hanya itu, ada juga kunjungan untuk misi perdamaian seperti yang dilakukan artis Kpop yang sedang wamil ( Hyun Bin, Lee Junki, Shinhwa Andy dkk ) beberapa waktu yang lalu ke Jakarta.

Melihat banyaknya kesamaan antara Jakarta dan Seoul, tak heran jika hubungan diplomatis antara kedua kota terjalin baik dan sangat aktif hingga kini. Selain Seoul, Jakarta juga aktif dalam hubungan kerja sama dengan Rotterdam, Paris danTokyo.

Jika teman-teman ingin mencari informasi seputar kebudayaan Korea Selatan, bisa mengunjungi Korea Cultural Center yang berlokasi di Jakarta. Tak hanya itu, KCC juga aktif membuat beragam kegiatan menarik seputar budaya seperti kelas bahasa, kelas menari dsb yang bisa diikuti oleh umum.

bandung suwon

Bandung-Suwon

Perjanjian kerja sama Bandung dengan Suwon, Korea Selatan ditandatangani pada tahun 1997. Bukti perjanjian ini tertuang dalam bentuk monumen. Prioritas kerja sama yang dilakukan kedua kota ialah di bidang pendidikan, ekonomi, seni budaya dan pariwisata. Misalnya dalam bentuk pertukaran pelajar dari inisiatif  Suwon Youth Foundation. Selain itu, angklung sebagai alat musik khas Bandung menjadi ikon monumen Bandung di Suwon.

Mungkin teman-teman lebih familiar dengan Seoul atau Busan daripada Suwon. Sebagai tambahan informasi, Suwon merupakan ibu kota provinsi Gyeonggi yang terkenal karena menaungi pabrikan Samsung. Selain itu tim sepak bola mereka yaitu Suwon Samsung Bluewings Football Club sudah beberapa kali memenangkan liga di Korea. Warna kostum mereka ialah biru, seperti halnya Persib (tim sepakbola Bandung).

fcmen SUWON

Bagi penggemar Kpop mungkin pernah mendengar soal FC MEN ? FC MEN ialah tim sepakbola yang dipimpin oleh JYJ Junsu dan berisi aktor, penyanyi hingga model seperti Kim Hyun Joong, Lee Gikwang, Woohyun dan masih banyak lagi. FC MEN merupakan sub-unit dari Suwon Bluewings yang biasanya bermain sepakbola untuk kegiatan amal. Mengingat konsep ‘sister city’ yang dijalankan oleh Bandung, akankah FC Men atau Suwon Bluewings akan mampir ke Bandung untuk pertandingan persahabatan dengan tim bintang sepak bola Bandung suatu hari nanti ?

 

Source: seoul.go.kr | beragafestival | wikipedia | visitkorea

Via: koreanindo.net

Shared at shiningyesung.wordpress.com  by @CHAEMI3424

TAKE OUT WITH FULL AND PROPER CREDITS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s